Sabtu, 26 Mei 2012

Teknik Tukang Cukur Rambut

ternyata semua profesi harus memiliki skill atau teknik tertentu untuk dapat menghasilkan sebuah karya. begitupun tukang cukur rambut. sudah menjadi suatu kebiasaan bagi saya kalau mau potong rambut harus memasuki fase ragu akut,hhee.. Dari dulu q bingung dan menjadi ga pede drastis sehabis memangkas rambut saya. saya pun harus berfikir berkali- kali dan selalu menunda apabila ingin memotnog rambut. karena setelah memotong rambut pasti hasilnya g sesuai dengan harapan saya. inipun disebabkan olehku sendiri yang apabila maupotong rambut, dan ditanya oleh tukang cukurnya cuma bisa jawab,"potong rapi aja bang..". yups cuma kata - kata terasebut yang bisa muncul dari mulut ini fiuhh.. sejak SD q selalu melakuakan pangkas rambut gratis di mbahe yang merupakan tukang cukur kondang di daerahku.. tapi sayang hasil potongnya 90% diluar harapan saya, dan inipun fakta yang aku alami dan q selalu merasa menjadi korban yang selalu teraniaya apabila setelah memangkas rambut di mbahe. tapi mau gimana lagi kalo memang beliau tukang cukurnya. aku pun sering ingin memangkas rambut saya di lain tempat, namun karena saya dulu hidup dengan mbah saya, saya pun takut bila saya melakukan potong rambut di luar tempat akan menyakiti perasaannya dan meremehkan ketrampilan memangkas rambutnya.. saya pun dengan sangat iklhas untuk dipangkas rambutku olehnya.
hingga saat ini pun saya masih merasa berdosa karena selalu menyalahkan mbahe saya, karena say mengira hasil karya beliau yang tidak memuaskan.
tetapi kemarin setelah saya melakukan pemangkasan rmabut, saya mendapatkan pencerahan dari tukang cukurnya. ternyata tukang cukur rambut itu memiliki teknik khusus.
yuppss.. tukang cukur tenyata harus melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memangkas rmabut seseorang. ketika memangkas rambut, ada acuan khusus yang dijadikan pedoman untuk mendapatkan hasil pangkasan rambut yang bagus, yaitu pusar rambut. Yupss Pusar rambut yang di jawa disebut uyeng - uyeng adalah acuan khusus yang diperlukan untuk memangkas rambut seseorang. beruntungah mereka yangbhanya memilki satu pusar rambut dan ada di tengah atau disamping. akan tetapi apabila ada pusar rambut yang ada di bathuk(jawa_) ini akan membuat pusing tukang rambutnya. ini telah terbukti terjadi pada diriku sendiri. sang tukang cukur harus mikir tiga eh 5 kali mau nerusin pangkasannya. bahkan akhirnya jujur dan cerita tentang tragedi - tragedi pusar rambut yang memusingkan setiap tukang cukur rambut.

semoga kelak ada workshoop tetang teknik cukur rambut yang muthahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

read your think in here...