Minggu, 15 Januari 2012

LAPAR dan SARAPAN

LAPAR


Lapar merupakan sinyal fisik yang menandakan perut harus segera diisi alias makan. Tapi ada beberapa orang yang selalu makan di saat perut sebenarnya tidak lapar. Bagaimana membedakan lapar fisik dan hasrat lapar?



Lapar fisik adalah fungsi biologis tubuh untuk makan dan mengganti energi yang hilang. Sedangkan hasrat lapar merupakan salah satu kebutuhan psikologis, yaitu keinginan makan disaat perut tidak merasa lapar.

Makan ketika perut tidak merasa lapar dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan, makan tidak sehat dan akibatnya banyak masalah atau gangguan-gangguan kesehatan yang diperoleh.

Seperti dilansir dari Familyeducation, Jumat (23/4/2010), ada beberapa teknik untuk membedakan lapar secara fisik dan hasrat lapar, yaitu:

Lapar secara fisik

  1. Secara fisiologis seseorang merasakan perut lapar dan tak bertenaga
  2. Keinginan makan tidak akan hilang walaupun Anda mencoba untuk menunggu
  3. Keinginan makin besar seiring berjalannya waktu
  4. Tidak ada kegiatan lain yang dapat menghilangkan lapar, selain makan
Hasrat lapar atau keinginan psikologis

  1. Secara fisiologis Anda tidak merasa lapar
  2. Keinginan makan akan menghilang jika mencoba untuk menunggu
  3. Keinginan tidak meningkat seiring waktu
  4. Melakukan hal yang lain dapat mengalihkan keinginan Anda untuk makan




Sangat penting menentukan keinginan makan karena seseorang benar-benar merasa lapar atau hanya kebutuhan psikologis. Hal ini karena makan disaat perut tidak benar-benar merasa lapar dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Efek nyata dengan memenuhi hasrat lapar adalah obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke atau penyakit-penyakit degeneratif lainnya.

Sinyal fisik lapar dapat meyakinkan bahwa Anda benar-benar dalam keadaan lapar. Sinyal lapar bisa datang dari perut, ketika ada pemberitahuan bahwa ia dalam keadaan kosong atau dari otak yang memberitahu bahwa tubuh kekurangan energi.

Sinyal perut dapat berupa kram, rasa sakit atau perasaan hampa. Sedangkan sinyal dari otak berupa pandangan kabur, konsentrasi menurun, sakit kepala atau kelelahan.

Sedangkan hasrat lapar biasanya dipicu oleh aroma makanan, melihat makanan favorit, iklan di televisi atau hanya mengetahui bahwa ada camilan di rumah. Kebiasaan makan sambil menonton televisi dapat memicu hasrat lapar.

Sebenarnya hasrat lapar bisa dihindari dengan mencoba mengabaikan apa yang ingin Anda makan dengan melakukan hal-hal lain, selain makan.

Stres juga dapat memicu keinginan makan secara emosional. Dengan mempraktikkan teknik pengurangan stres seperti mandi air hangat, berjalan, latihan relaksasi atau yoga, bisa mengurangi hasrat lapar.

Minum air putih juga bisa menjadi solusi. Tetapi jika keinginan makan begitu besar, makanlah sesuatu yang sehat seperti wortel atau apel, dan bukan junk food atau makanan tak sehat lainnya (detikHealth.com)



Jadi perhatikan baik - baik keadaan kamu ingin makan,  kalo kamu merasa ingin makan dan telah kamu coba hindari dengan beraktivitas lain namun tetep tidak berhasil (tetep ingin makan), atau bahkan emningkat seiring berjalannya waktu setelah kamu diamin, berarti kamu mengalami keadaan lapar fisiologi. ini tandanya kamu harus makan, dan makanlah makanan yang bergizi.
tapi, kalo kamu sebenarnya gak lapar secara fisiologi, namun kamu merasa ingin makan, dan rasa itu sebenarnya akan hilang jika kamu diemin, tapi kamunya ndableg karena pengen makan. contohnya ketika kamu pengen makan sate kambing, nah itu kan berlemak banget otomatis gk shat klo kbnyakn. sebenarnya kamu gak laper, tapi kamunya pengen banget nyikat itu makanan mpe habis, itulah hasrat makan. "Efek nyata dengan memenuhi hasrat lapar adalah obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke atau penyakit-penyakit degeneratif lainnya", dilansir dari detikhealth. tidak perlu gua jelasin secara detail pasti kalian telah paham maksudnya. jadi, berhati - hati saja kalo kamu merasa memilki hasrat lapar, meski hal tersebut tidak serta merta dapat menciptakan efek seperti tadi, namun apabila kamu memanjakan keinginan makanmu ketimbang ngurangi bahkan nutup rapet2 keinginan tersebut, maka jangan heran kalo suatu saat kamu terkena efek-efek tadi. mending uang yang bakalan buat beli mkanan tdk bertanggung jwab (maaf) lbih baik bli mknan yng bergizi dan murah, krena alhasil akn berdampak positif buat uang serta kantong kamu.

saat ini aku sedang marasa lapar dan sepertinya sudah aku tahan tapi malah tambah lapar, dan aktivitas lainpun gak bisa nutupi keinginanku buat makan.  jadi aku rasa aku sedang mengalami lapar secara fisiologi. 
ya dunk krna ternyta sejak bangun tadi aku belum makan, hhe untuk itu aku akan makan dahulu di pagi hari ini atau yang disebut sarapan pagi. apa itu sarapan pagi?? ini aku ada sedikit materi tentang sarapan pagi..





SARAPAN



Sarapan pagi adalah makanan yang disantap pagi hari. waktu sarapan pagi adalah pukul 06.00 sampai 10.00 pagi.
Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan.



Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadarserat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Fungsi sarapan

  • Memberikan nutrisi pada otak, sehingga anak yang sarapan berprestasi lebih baik disekolah dari pada anak yang tidak sarapan [1]Mengendalikan berat badan

(wikipedia)


so, saat sarapan pagi hari, lebih baik makan makanan yang berkadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah. karena ini akan menjadi tambahan energi buat kegiatanmu sehari - hari. dan apabila kalian seperti gw yang seorang anak kos, yang kesehariannya hidup dengan uas yang pas - pasan, pas buat beli nasi padang, pas buat pesen hamburger, pas buat pesen ayam penyet dan pas segalanya lah.. (ngarep abis_) ya alhamduliillah kalo aku cukup dah buat makan sehari-hari. nah!! jika ada dari kalian yang uang jajan dan makan PAS-PASAN BENERAN (dalam arti pas 300rb/blan, maaf gua tebelin kata tersebut untuk merefleksi keadaan negara kita yang emang pas-pasan beneran, pas beneran banyak banget yang korupsi paahal pas beneran diluar sana banyak masyarakat yang masih kelapara, pas banget banyak di kota dpr bangun gedung pas beneran pula masyarakat desa kegusur tanahnya karena pembanguna resort, pas beneran.. cukup kembali ke topik) ea kalo keadaan kita seperti itu gak perlu mencari makan yang berkadar serat tinggi seperti harus beli sayur bayam dan seperangkat alat sayuran lainnya, (hey?!...) 
namun, untuk pagi hari cukup makan roti dan minum susu aja udah cukup nanti siang baru makan sepuasnya dalam arti tetep makan yang bergizi. ini kalkulasi uangnya kalo kita bener2 di budget ma orang tua kita dengan hanya 300rb/ bln buat makan, minum, beli buku, bolpoin, fotokpi, nraktir cewek (bagi yang punya cewek, sayangnya aku blum), beli bensin bagi yang bawa motor kalo ada yang bawa pesawat ya beli bensol berarti, dan beli - beli yang lain, sperti beli wayan, beli made, beli ketut dan beli - beli lainyya. nah itu kan banyak banget yang harus digunakan dengan uang cuma segitu itu. tapi kayaknya kejam kalo ortu kita cma kasih 300rb/bln gada yg sperti itu spertinya, pling ea 400 an.
 untuk itu daripada kita sarapan yang bermewah - mewah dan bahkan bikin kekenyangan ntar mendingan lhat ini baik - baik. kalo kita srapan seminimal mungkin 5rb/ pagi selama 30 hari, jadi total 150rb buat makan pagi aja, sedangkan kalo kita beli susu yang schet aja 1500 / schet dan roti tawar Rp7500/ 10 lembar roti. 
susu Rp1500 x 30 = rp45000. 
roti : kita makan roti pagi hari 2 lembar, jadi kalo sebulan 60 lembar =  Rp45000 
kita cm ngeluarin uang gak nyampe 100rb untuk sarapan. masalah makan siang ato malam kita bisa sedikit berfoya - foya dengan sisa uang kita, namun gw saranin lebih baik ditabung aja buat masa depan cz kita jadi kuliah dan jadi anak kos kan buat masa dpan kita.
nah setalah membaca artikel yang lari nyampe kemana - kemana? kemana.... ku cari dirimu kemana?...
semoga ada hikmah dan pencerahanNya shingga kita sadar buat apa kita di hidupkan di dunia ini..


iadah gw sarapn dlu..

imagine brain_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

read your think in here...